Spam Score Blog Turun dari 55% Jadi 11%, Kok Bisa?

Alhamdulillah spam score blog turun, dari yang awalnya 55% turun menjadi 11%. Kok bisa? Ya bisa, dong! ๐Ÿ˜

Dulu banget, sekitar tahun 2021, saya punya web blog yang beralamatkan domain https://www.ariefghozaly.web.id/ yang sedang teman-teman kunjungi saat ini. Karena memang tidak terurus, blognya saya diamkan yang berujung "matinya" masa sewa domain .web.id per tahun yang disewa di Rumahweb.

Selanjutnya saya aktifkan lagi domain ini pada 10 April 2024 lalu, yang menyebabkan banyaknya link yang rusak.

Teman-teman harus tahu, domain blog yang sudah tidak aktif lagi akan meninggalkan keseluruhan link yang bermasalah (tidak ditemukan) di mesin pencari. Contohnya link artikel. Dari yang awalnya terbaca dan terdeteksi di Google, tidak ditemukan lagi ketika dibuka (404 page not found).

Pada akhirnya, Google menandainya sebagai link yang rusak. Dari sini pula, Google menilai bahwa blog tersebut punya kualitas yang rendah. Dengan kata lain, blog spam.

Spam Score Blog Turun dari 55% Jadi 11%, Kok Bisa?

Bisa dilihat pada gambar di atas, spam score blog ini berada di nilai 11%, di mana sebelumnya 55%. Luar biasa "gendut". Entah kenapa, tiba-tiba nilai spamnya turun menjadi 11%.

Setelah saya ingat-ingat, apa yang saya lakukan cuma satu. Yakni memblokir seluruh permalink yang telah ditandai sebagai link rusak. Pengecekan dan caranya, dapat dilihat dan dilakukan di pengaturan Search Google Console.

Ya sudah, begitu saja...

Jauh-jauh hari sebelumnya, saya pernah googling bahwa ada beberapa cara bagaimana caranya menurunkan spam score blog, yakni dengan cara menggunakan disavow dan menghapus broken link (error).

Bisa dibilang, keduanya mudah dilakukan. Insya Allah akan dibahas di waktu yang akan datang.

Pada intinya, saya cuma melakukan pemblokiran URL agar tidak "dibaca" lagi oleh mesin pencari. Dengan begitu, spam score blog ini turun secara dratis.
Arief Ghozaly
Arief Ghozaly Blogger sejak 2014 - Suka Menulis, Membaca, SEO, Berbagi Cerita, Pengalaman, Eksplorasi, dan Kopi.

Posting Komentar untuk "Spam Score Blog Turun dari 55% Jadi 11%, Kok Bisa?"