Kecewa dengan Xiaomi Poco X3 Pro: HP Mati, Padam Total!

Kecewa dengan Xiaomi Poco X3 Pro: HP Mati, Padam Total!

Memiliki HP merek Xiaomi Poco X3 Pro merupakan suatu hal yang luar biasa, mengingat profesi dan gaji saya yang pas-pasan. Selain karena mahal, fitur dan spesifikasi yang ditawarkan juga sangat memuaskan.

Ada harga, ada kualitas.

Alasan dibelinya pun sebagai bentuk penghargaan (reward) atas diri sendiri yang sudah lelah bekerja, sekaligus kado atas ulang tahun saya sendiri yang bertepatan ke-30.

Masalahnya adalah apa yang saya takuti beneran terjadi di saya. Betul, Poco X3 Pro saya padam, mati total!

Dari awal pembelian, rumor atau gosip HP Poco X3 Pro yang padam tidak pernah muncul di grup atau komunitas Poco X3 Pro.

Baru 'lah setahun pemakaian, ada beberapa member yang "mengadu" bahwa HP nya padam total. Bukan satu atau dua orang, tapi ada puluhan orang yang mengalaminya. Sebagian ada yang "dirujuk" ke Xiaomi Service Center untuk diperbaiki, ada juga yang dijual secara bekas dengan kondisi padam.

Bagi HP yang "dirujuk" ke Xiaomi Service Center, apa yang saya baca di grup tersebut ialah dipatok biaya Rp1.500.000.- karena yang diganti adalah mesinnya. Mereka tidak melayani perbaikan, melainkan langsung mengganti mesin.

Bagaimana dengan saya? Masalah yang saya alami gak sampai di situ saja. Xiaomi Service Center di kota saya tidak lagi tersedia, melainkan sudah dipindahkan ke pusat provinsi yakni Kota Banda Aceh.

Sudah jatuh, tertimpa tangga pula, duh!

Setelah mikir panjang, akhirnya -- di hari yang sama (1 Agustus 2024) -- Poco X3 Pro milik saya, saya bawa ke teknisi HP tepercaya di kota ini. Biayanya Rp700.000.- tidak boleh kurang. Ya Allah, biaya yang cukup mahal! Biaya tersebut merupakan biaya perbaikan. Kalau biaya pergantian, biayanya di kisaran Rp900.000.-

Karena uang saya tidak cukup, akhirnya saya pilih diperbaiki saja, dengan biaya Rp700.000.-

Pesan Terbuka untuk Xiaomi


Pesan saya cuma satu, kalau memang produknya belum siap dirakit dan diperjualbelikan, alangkah baiknya jangan diedarkan ke konsumen. Saya sebagai konsumen sangat dirugikan atas masalah dan kejadian ini.

Mau klaim garansi? Pasti sudah habis karena produk dibeli pada bulan September 2021.

Hikmah di Balik HP Poco X3 Pro yang Padam


Ada beberapa hikmah yang saya ambil dari kejadian ini, HP Poco X3 Pro saya yang padam, di antaranya:

  • Saya yang kurang bersedekah;
  • Terlalu sering bermain game sampai lupa akan beribadah;
  • Poco X3 Pro memang produk gagal Xiaomi.

Pada akhirnya, saya kecewa dengan Xiaomi. Sebuah HP yang seharusnya bisa digunakan dalam jangka waktu 5 tahun, bisa rusak hanya dalam waktu penggunaan selama kurang dari 3 tahun.

Insya Allah, bila Allah memudahkan rejeki saya dan sudah saatnya mengganti HP, saya tidak akan beli produk Xiaomi lagi karena sudah trauma.
Arief Ghozaly
Arief Ghozaly Blogger sejak 2014 - Suka Menulis, Membaca, SEO, Berbagi Cerita, Pengalaman, Eksplorasi, dan Kopi.

Posting Komentar untuk "Kecewa dengan Xiaomi Poco X3 Pro: HP Mati, Padam Total!"